Photobucket
Tekan Tombol untuk memilih Channel

Entri Populer

Sabtu, 18 Juni 2011

cara membuat CD image atau file image bahagian 1

hehehe,,,,,judul diatas kaya Upin dan Ipin aja y coy,,,?hehe gak lucu kali’,,,,
Ketika saya cerita ke temen saya tentang bagaimana membuat file image dia bingung, trus dia nanya emang gimana cara ngebuat sich,? N buat apa itu file,?
Ni saya kasih penjelasan sedikit tentang  tentang pertanyaan temen saya. Setau saya itu file bisa gini. Pernah waktu maen game, entah itu Emulator PS 1 atau 2, tiba-tiba macet alias ngadat ditengah-tengah permainan,  lumasan kesal kan?. Setelah di selidiki, ternyata DVD Rom-nya udah gak nge-lawan lagi, alias opticnya kali ya udah lemah?. Mau beli DVD Rom baru, ga ada duitnya. Ni,,, ada solusinya.
Yang perlu diketahui kapasitas hardisk yang terpakai untuk membuat sebuah cd images games ini sama besarnya dengan kapasitas CD gamesnya. Seandainya umpama misalnya CD game ini berukuran 600 Mb, maka image yang akan dibuat juga akan berukuran sama. Intinya, file image games ini adalah salinan dari sebuah CD games. Jadi tanpa sebuah CD games, kita tetap dapat memainkan games tersebut dari hard disk.
Selain keperluan diatas juga bisa digunakan untuk copy CD Windows Alias cd yang jalanya perlu lewat Booting atau contoh lainnya seprti CD Hirens Bootable yang kita copy ke flash disk untuk sementara karena mo diburning ke CD yang blank Lum ada hepeng alias duit (miskin amat jadi orang) hehe,,,,,nah disinilah kita copy isi tersebut ke dalam atau kita jadiian copyan tersebut jadi file yang bertype Img atau iso.
Didalam proses pembuatannya ada banyak cara tapi disini yang saya kasih tau cuman dua cara jadi ntarnya ada bahagian 2. Software yang digunakan juga cuman 2 yaitu dengan menggunakan Nero dan ImgBurn.
Pada bahagian 1 akan dijelaskan dengan menggunakan ImgBurn karena cara ini lebih mudah n software yang digunakan lumaya ringan yang pasti lebih ringan dari Nero, hehe,,,,kaya krupuk aja ringan,,,,,,y langsung aja dech Gak Usah kebanyakan cincong,,,,,
Langkahnya :

  1. Download dulu programnya bagi yang lum punya
  2. Klo dah punya atau dah di download install dlu
  3. Buka program “ImgBurn” dan tunggu loading sekitar 2 detik
  4. Setelah loading selesai masukin CD (games, windows, Hirens Boot dll) kedalam CD Room Syukur-syukur kalo CD/DVD kita masih bisa ngebaca CD  tersebut. Kalo CD/DVD udah gak bisa ngebaca lagi, pinjem dulu PC/Laptop temen (Kalo gak malu,,he,,he,,).
  5. Kemuadian pilih “create image file from disc”
  6. Kemudian pilih drive dimana CD tersebut berada. pada “source” misalkan punya saya di drive “Z”.
  7. Kemudian pada “Destinatic” diklik untuk menuju tempat penyimpanan file yang akan dibuat misalkan di “X” . Pada “file name”dikasih nama misalkan nama filenya belalangtue, pada “save as type”  pilih yang iso atau pilih img kemudian klik save.
  8. Pada gambar CD yang letaknya paling bawah (titlenya Ready) dklik sekali saja(jangan banyak-banyak ntar cepet rusak tu mouse) n Proses pembuatan Image CD game akan berjalan, tungguin. Biar gak  bosen sambil ngerokok minum kopi (bagi yang ngerokok + ngopi) bagi yang nggak  manyun aja, plototin tuch layar monitor yang penting jangan ditelen tuh monitor hehe. Kalo proses dah selesai dan berhasil akan muncul tulisan “succes full” tapi klo gak berhasil akan ada suara cewek bunyinya “Oh No”
  9. Truz gimana caranya maenin Gamesnya? Harus buat Virtual CD/DVD. Terserah pake apa aja. kalo disini pake software gratisan ‘DAEMON Tools Lite’. Download dan Install software ini. Dari sini kita bisa masukkin file CD images yang baru kita buat tadi. Apaan tuch Virtual CD/DVD? Adalah suatu cara untuk menambah Drive CD/DVD ROM. Tetapi bukan hardware, melainkan melalui suatu aplikasi atau software. Setelah ‘DAEMON Tools Lite’ ini terinstall di PC, pada bar windows, klik kanan, klik “mount image” cari dan pilih dimana kita meletakkan file images games yang kita buat tadi. Selanjutnya, tinggal setting pada emulator PS-nya dimana meletakkan sumber drive CD/DVD ROM yang yang akan dimainkan.
  10. Selesai dech,,,kalo gak selesai coba lagi,,,,,,,semoga bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More