Photobucket
Tekan Tombol untuk memilih Channel

Entri Populer

Rabu, 13 April 2011

MOTHERBOARD / MAINBOARD






Jenis dari moterhboard ditentukan berdasarkan jenis prosesor yang digunakan nantinya, karena setiap prosesor menggunakan motherboard yang berbeda dan jenisnya spesifik. Kita dapat melihat dan menentukan prosesor apa yang dapat digunakan oleh suatu motherboard dengan cara melihat kode jenis soketnya. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada tabel berikut ini :
JENIS PROSESOR
JENIS SOCKET
286,386,486DX2/DX4
Socket 3
Intel Pentium I 60 Mhz
Socket 5
Intel Pentium I 100-233 Mhz Socket 7
Intel PentiumI 166-233 MMX Socket 7
IP PRO 166-200 MMX
Socket 8
Intel Pentium II 233-450 Mhz Slot 1
SEPP Celeron 266-433 Mhz Slot 1
Intel Pentium III 450-700 Mhz Slot 1
PPGA/FCPGA Celeron 300-533 Mhz Socket 370
Intel Pentium 4 Socket 423,478
AMD K6/K7 Slot A
AMD Duron, Athlon, XP Socket A
Penggunaan Slot prosesor pada generasi PII tidak lagi digunakan oleh produsen karena dinilai memiliki banyak kelemahan, karena selain bentuknya cukup besar dan memakan tempat di dalam casing, Penggunaan slot tidak stabil dan cenderung menghasilkan panas yang berlebihan. Untuk generasi selanjutnya digunakan socket yang dinilai cukup andal. Perbedaan dari socket dan slot dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.
SLOT EKSPANSI
Slot Expansi merupakan tempat dipasangnya card-card tambahan seperti VGA card, Sound card, LAN card dll. Slot Expansi juga berfungsi untuk mengembangkan tingkat performance pada suatu PC sesuai dengan perkembangan teknologi. Komunikasi dan lalu lintas data di dalam motherboard berada di dalam saluran Bus. Saluran bus ini dikelompokan atas tiga bagian berikut ini :
Data Bus. Merupakan saluran tempat lalu lintas keluar masuknya data dari dan menuju komponen-komponen dan perangkat dalam motherboard.
Addres Bus. Merupakan saluran yang menyatakan alamat memori dimana data-data akan disimpan atau diambil.
Control Bus. Merupakan saluran kontrol agar prosesor bisa mengendalikan seluruh perangkat komponen yang sedang digunakan.
Banyaknya saluran dalam Data Bus dan Control Bus dinyatakan dalam satuan bit. Bus data yang terdiri dari 8 saluran disebut bus data 8 bit. 16 saluran disebut bus data 16 bit, dan seterusnya yang hingga saat ini terdapat bus data 128 atau 128 bit. Slot expansi dibedakan atas jumlah saluran bus data yang digunakannya, misal slot expansi 8 bit itu berarti card yang digunakan adalah card 8 bit.
Contoh : Dalam monitor tertulis kata LARI

Setiap huruf mewakili sebuah byte, sehingga kata tersebut memiliki 4 byte atau 32 bit.
Bila menggunakan slot 8 bit, maka kata LARI yang terdiri dari 32 bit data harus dikirm berulang sebanyak empat kali pengiriman. Namun bila menggunakan slot 32 bit maka hanya satu kali saja pengiriman saja, sehingga dapat disimpulkan bahwa Semakin besar lebar data dalam slot ekspansi, maka semakin besar cepat pula tranfer data.
Jenis slot ekspansi yang biasa digunakan dalam motherboard dapat dilihat pada tabel berikut :
NAMA SLOT EKSPANI
DATABUS
KECEPATAN
ISA (Industrial Standard Architecture)
8 bit
unknown
EISA
16 bit
unknown
VL-BUS
32 bit
unknown
PCI (Peripheral Component Interconnect)
32 bit (32-64 pin)
133 Mb/s (1x)
AGP ( Accelerated Graphic Port ) 64 bit (64-128 pin) 2X-4X
AMR (Audio Modem Riser) unknown unknown
Secara umum saat ini digunakan Tiga buah jenis Slot yaitu ISA, PCI, dan AGP.
SLOT MEMORI
Fungsi dari slot ini adalah untuk meletakan memory atau RAM(Random Access Memory). Jenis Slot inipun dikenali dengan jumlah pin yang dapat ditampung. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
KELAS KOMPUTER
JUMLAH PIN
NAMA MEMORY
386 30 pin SIMM RAM
486-586 30-72 pin SIMM RAM
PI – PII 72-128 pin EDO RAM
PIII 168 pin DIMM RAM (SDRAM)
PIV 168 pin DDRAM
Dalam slot memory ini juga dikenal kecepatan clock memori yang besarnya sangat bervariasi tergentung jenis motherboard yang digunakan dan mempengaruhi kecepatan kerja memori tersebut. Kecepatan memori ini biasanya dikenali dengan kode PC. Untuk Pentium IV sekarang digunakan clock memory yang semakin besar, Contohnya PC266, PC333, PC400.

18 komentar:

KALO BISA DENGAn CONTOH GAMBARNYA.....BIAR MANCAPZZZZ

hebatttt bangets unk batur mas tiasa an

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More