Photobucket
Tekan Tombol untuk memilih Channel

Entri Populer

Rabu, 02 Februari 2011

MENGETAHUI ARTI SUARA BEEP SAAT BOOTING

by asep budiman

nih dibagikan.......arti suara beep yang sering dikeluarkan oleh sebuah PC
Mengetahui Arti Suara Beep Saat Booting

pada saat menyalakan komputer maka akan terdengar suara beep yang keluar speaker internal casing yang terhubung ke motherboard. Suara ini bisa di namai dengan beep. Suara yang di keluarkan bisa berbeda – beda, tergantung dari kondisi komputer saat itu. Dengan mengetahui arti dari suara (beep) saat booting maka secara otomatis kita dapat mengerahui kondisi komputer. Tapu tahukah arti dari suara - suara beep tersebut ?
secara mudahnya suara beep ini ada 2 macam yakni beep panjang dan beep pendek.
Berikut penjelasannya :

• Beep pendek 1x
komputer berjalan dengan normal
• Beep pendek berulang – ulang
ada permasalahan pada motherboard. Kita bisa memeriksa kondisi motherboard, mengecek perangkat hard ware yang terpasang ke motherboard, memeriksa semua kabel data. Kabel power, dan sebagainya.
• Beep panjang 1x
Ada permasalahan pada memori. Untuk mengetahui permasalahan seputar memori silahkan baca pada artikel mengetahui kerusakan seputar memori atau RAM.
• Beep panjang 1x yang di ikuti dengan beep pendek 3x
Ada permasalahan pada VGA card / kartu grafis. Periksa VGA card dari beberapa kemungkinan seperti kurang terpasang dengan benar ke socketnya, bagian bawah VGA (yang berwarna ke-emasan) kotor, mencoba VGA card milik orang lain ke motherboard kita, dan sebagainya.
• Tidak ada suara sama sekali
Tidak dapat dipastikan bagian mana dari perangkat hardware yang mengalami masalah. Jika ini terjadi maka kita bisa memeriksa seluruh bagian dari perangkat hardware, membongkar semua isi casing lalu dipasangkan kemabali dengan benar. Alangkah baiknya sebelum dipasang kita bersihkan dahulu dari debu yang menempel .
Dengan mengetahui arti dari suara beep diatas maka proses pendeteksian dan permasalah komputer dapat diketahui sejak dini.

Mengenal Eror Blue Screen Windows
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0x0000000A)
Eror ini paling sering muncul pada saat terjadi blue screen pesan kesalahan ini biasanya disebabkan karena ada ketidak cocokan driver yang terinstall di komputer. Penyebabnya :
- Driver yang bentrok atau tidak cocok
- Permasalah pada video card, hal ini mencakup video card di overclock melebihi batas atau anda baru berganti video card dan anda belum meng-uninstall driver video card lama dari chipshet berbeda
- Permasalahan pada audio card meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0x00000024) atau (0x00000023)
Pesan eror ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran dimana kerusakan berada yaitu ada di partisi atau file systemnya tetapi bukan di hardisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk
3. UNEXPECTEP_KERNEL_MODE_TRAP (0x0000007F)
Bila anda mendapatkan pesan eror seperti ini dapat disebabkan karena :
- Overclock hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang terlalu panas
- BIOS yang korup
- Memori dan CPU yang cacat
4. DATA_BUS_ERROR
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memori atau slot memori di motherboard rusak
5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware termasuk memori utama, memori video card, atau memori di processor (L1 Cache)
6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan eror ini disebabkan karena adanya dalam konfigurasi jumper hardisk yang salah virus boot sektor driver IDE CONTROLLER yang salah, atau kesalahan driver chipset.
7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kesalahan terjadi pada installasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat installasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam installasi driver.
8. BAD_POOL_CALLER
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak compatible sering terjadi saat melakukan installasi XP dari UPGRADE atau bukan dari installasi baru
9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan eror ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM
10. MACHINE_CHEK_EXCEPTION
Pesan eror ini disebabkan oleh cacatnya CPU atau yang di overclock secara agresif serta power suply yang kekurangan daya atau rusak.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More